Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Bumi Dan Alam Semesta Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK Di Kelas V SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Bumi Dan Alam Semesta Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK Di Kelas V SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Bumi Dan Alam Semesta Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK Di Kelas V SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Selly Dayani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitan kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalahmasalah pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang bumi dan alam semesta dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK di kelas V SDN 006 Sesayap Hilir. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 73,5 dan pada siklus II sebesar 79,1. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 85%, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK di kelas V SDN 006 Sesayap Hilir meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang bumi dan alam semesta.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Bumi Dan Alam Semesta Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK

This research used classroom action research model that is classroom research variety conducted by teacher to solve learning problems. The research design consist of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted two cycles. This research aimed to improve student’s Learning Achievement of Natural Science Learning on Earth Science and Nature Universe using TIK based learning media In Grade 5 Students of SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung. Data analysis result could be concluded that student’s learning achievement having improvement from first cycle with average score 73,5 to second cycle with average score 79,1. Meanwhile, the classical completeness was 85%, so it could be concluded that learning process using based learning media by Earth Science and Nature Universe in Grade 5 Students of SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung improved student’s activities of natural science learning on Earth Science and Nature Universe. Keywords: Improving Student Learning Achievement of Natural Science Learning on Earth Science and Nature Universe using TIK based learning media

Detail Informasi