
Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Pesawat Sederhana Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas V SDN 006 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Saniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pelajaran IPA di kelas V SDN 006 Sesayap sering disajikan secara verbal melalui kegiatan ceramah dan terlalu mengacu kepada buku teks. Guru jarang menggunakan alat peraga dan tidak terbiasa untuk melibatkan siswa dalam melakukan kegiatan percobaan. sehingga membuat siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yang berakibat pada rendahnya pemahaman siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar siswa di kelas V SDN 006 Sesayap Hilir pada pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana menggunakan model pembelajaran kontekstual.
Model penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan lokasi dilaksanakannya penelitian ini adalah SDN 006 Sesayap Hilir serta subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 13 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, dan lembar observasi. Serta dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual membuat hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan kelas yang diperoleh pada setiap siklus yaitu pada siklus pertama sebesar 69,2%. Pada siklus kedua sebesar 92.3%. Ini berarti dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Melihat hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam peningkatan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pesawat Sederhana dan Pendekatan Kontekstual
Based on the observation, science lessons in the classroom V SDN 006 Sesayap often verbally presented through lectures and textbooks are referring to. Teachers rarely use props and are not used to engage students in conducting experiments. Thus making the students less involved in the learning process that resulted in the lack of understanding about students and student learning outcomes in science learning. This study aims to improve student learning outcomes in the classroom V SDN 006 Sesayap Hilir on science learning about simple plane using contextual learning model. The research model used in this study was Classroom Action Research (CAR) and the location of the implementation of the study was SDN 006 Sesayap Hilir and research subjects were students of class V which amounts to 13 students. Instrument used in this study is a test, and observation sheets. And carried out in two cycles. The results showed that using contextual learning model makes learning outcomes of students has increased. It can be seen from the percentage of completeness grade obtained in each cycle is the first cycle of 69.2%. In the second cycle of 92.3%. This means that by using the model of contextual learning in science learning can improve student learning outcomes. Seeing these results, the researchers suggest the use of contextual learning model in improving processes and student learning outcomes in science learning in primary school. Keywords: Student Results, Plane Simple and Contextual Approach