Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dan Energi Melalui Model Problem Solving Di Kelas IV SD Negeri 018 Tanjung Buyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dan Energi Melalui Model Problem Solving Di Kelas IV SD Negeri 018 Tanjung Buyu

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dan Energi Melalui Model Problem Solving Di Kelas IV SD Negeri 018 Tanjung Buyu

Pengarang : Samsudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 018 Tanjung Buyu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang Gaya dan Energi melalui Model Problem Solving pada siswa SD Negeri 018 Tanjung Buyu.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi, observasi, tes formatif dan tes akhir siklus pada setiap siklus. Setiap siklus masing-masing dilaksanakan tiga kali pertemuan dengan satu kali tes akhir siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data menggunakan tahap reduksi, tahap penyajian data, dan tahap menarik kesimpulan berupa rata-rata dan persentase. Soal tes akhir siklus berbentuk tes tertulis.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dari data tabel hasil belajar setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan yaitu dari jumlah 12 siswa ada 7 siswa yang tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah siklus I adalah 69 atau 7,81% dari kondisi awal dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 Siswa. Hasil belajar siklus II Siswa dari jumlah 12 dengan nilai rata-rata 73 atau terjadi peningkatan 7,25% dari siklus I dan telah mencapai hasil kriteria ketuntasan yang maksimal untuk pelajaran IPA sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator keberhasilan yang dicapai.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisis data dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 018 Tanjung Buyu Kabupaten Bulungan.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Problem Solving

Formulation of the problem in this research is how to model Problem Solving to improve learning outcomes in the fourth grade science Negri Cape Bunyu 018. This study is an action research aimed to know the improvement of learning outcomes IPA style and energy through Problem Solving Model at 018 elementary students Negri Cape Bunyu. Data collection techniques used in this research is to use the documentation, observation, formative test and final test cycle on each cycle. Each cycle each held three meetings with one final test cycle, the stages of planning, implementation of action observation and reflection. Data analysis using the reduction stage, the stage presentation of data, and draw conclusions in the form of phase average and percentage. Ahir test question written test form cycle. Results of this research is to learn the results of the data table after execution cycle I increased the number of 12 students there are 7 students who pass. Value - average student that was obtained after the first cycle was 69 or 7.81% of the initial conditions and the completion seswa learn as much as 2 students. The results of the second cycle students' learning of number 12 with value - average 73 or an increase of 7.25% from the first cycle and has achieved the criteria to the maximum tuntasan for science teaching according to learning objectives and indicators of success in reaching. Based on the results of the research dean of data analysis in this study, it can be concluded that through a model of problem solving can improve the results of science teaching fourth grade Cape Elementary School 018 Buyu Bulungan. Keywords: Science Learning Outcomes, Problem Solving Mode

Detail Informasi