
Penerapan Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas I SDN 007 Tanjung Palas Tengah Menggunakan Model Picture And Picture
Pengarang : Salmah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan penerapan pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa IPA kelas I SDN 007 Tanjung Palas Tengah menggunakan model Picture And Picture.
Jenis penelitian yaitu penelitian tindak kelas (PTK), yang terdiri 2 siklus pelaksanaannya terdiri empat komponen: rencana, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN 007 Tanjung Palas Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011-2012, teknik pengumpulan data observasi, angket, tes.
Hasil penelitiani ini, menunjukan pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan nilai rata 63,50 dibandingkan dengan nilai rata-rata pra siklus 50, akan tetapi nilai tidak mencapai target yang ditetapkan 68. Sementara pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya nilai rata-rata 63.50 menjadi 75.50 melebihi KKM yang ditetapkan.
Kesimpulan penelitian ini, melalui model pembelajaran Picture and Picture meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran tematik materi peristiwa siswa kelas I SDN 007 Tanjung Palas Tengah mengalami peningkatan.
This study aims to reveal the application of thematic learning to enhance student motivation and learning science 007 class 1 SDN Tanjung Palas Tengah is used the model picture and picture. This type of research is the study follow-up class, which comprises two execution cycle consists of four components: plan, action, observation and reflection. Subjects were all students in 007 class I SDN Ta. Tanjung Palas Tengah is study implemented in the second semester of the school year 2011-2012, the data collection techniques of observation, questionnaires, and test. The results of this study, showing the implementation of the first cycle of an increase in the mean value of 63.50 compared to the average pre-cycle 50, but the value is not reached the set target of 68. While the implementation of the second cycle there was an increase from the previous cycle of the average value of 63.50 to 75.50 exceeds the KKM is applied. The conclusion of this research, through picture and picture learning model to increase motivation and learning outcomes on student learning events thematic material SDN 007 grade I was experiencing an increase in Tanjung Palas Tengah.