
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Metode Pemberian Tugas Kelompok Kecil Di Kelas IV SDN 006 Sesayap
Pengarang : Sabaniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 006 Sesayap tahun pembelajaran 2011/2012 malalui Pemberian tugas kelompok kecil.
Penelitian pada siswa kelas IV SDN 006 Sesayap tahun pembelajaran 2011/2012 berjumlah 10 orang siswa. Sedangkan Objek penelitian adalah pemberian tugas kelompok kecil. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, tugas individu, tugas kelompok, dan tes hasil belajar setiap siklus. Tes dilaksanakan pada setiap akhir siklus (pilihan ganda dan isian singkat), sedangkan observasi, tugas individu, tugas menggambar dan isian singkat, dan tugas kelampok dilaksanakan setiap pertemuan saat pembelajaran berlangsung. Siklus 1 dan siklus II masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan dengan dua kali pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklus dari nilai 74,5 pada siklus 1. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa 87. Aktivitas guru aktivitas siswa dikategorikan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui teknik pemberian tugas kelompok kecil terjadi peningkatan hasil belajar bagi siswa kelas IV SDN 006 Sesayap Kab. Tana Tidung tahun pembelajaran 2011/2012. Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan kepada guru agar menggunakan teknik pemberian tugas kelompok kecil pada materi bangun ruang pembelajaran matematika dalam rangka meningkatan kemampuan guru dan juga untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa.
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve Students’ Mathematic building Column through small group work at Fourth Grade Students of SDN. 006 Sesayap Kab. Tana Tidung 2011/2012. Based on the result of study in frist cycle the students’ score was 74,5 and the second cycle was 87. It indicates that studens have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that giving small group work can improve the Students’ Mathematic on building column through small group work at Fourth Grade Students of SDN. 006 Sesayap Kab. Tana Tidung 2011/2012.