
The Students' Perceptions Of The Applications Used In Online Learning During Covid-19 Pandemic At Borneo Tarakan University
Pengarang : Tri Muhamad Al Itiroof Haditya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi yang efisien dalam pembelajaran daring di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 32 responden mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Borneo Tarakan. Metode sampling yang digunakan adalah total sampling. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 sangat efisien karena aplikasi tersebut merupakan cara atau alternatif yang baik untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah. Para mahasiswa menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran daring seperti WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Classroom, dan Google Meet. Aplikasi yang digunakan dianggap cukup efisien untuk membantu proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Aplikasi yang digunakan selama pembelajaran daring juga memudahkan pembelajaran karena kemudahan akses pada sinyal lemah, tidak menggunakan kuota internet terlalu banyak, irit, fitur yang cukup baik untuk mendukung pembelajaran. Walaupun mendukung proses pembelajaran, akan tetapi beberapa mahasiswa juga masih mendapati beberapa kesulitan dalam pembelajaran daring menggunakan aplikasi pembelajaran daring.
Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa, Aplikasi, Pembelajaran Daring
The purpose of the research was to describe the students' perceptions of the efficient use of applications in online learning in English Education Department students of University of Borneo Tarakan. This research was quantitative research. sampling technique used was purposive sampling. The number of samples was 60 respondents. The instrument of the research was a questionnaire. The results of the research showed that the use of applications in online learning in the Covid-19 pandemic were very efficient because the applications were a good way or alternative to carry out learning activities from home. The online learning applications were used by the students such as WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Classroom, and Google Meet. The applications used were considered efficient to help the learning process. It might be able to improve the students' English skills. The applications used during online learning also facilitate the learning because of the ease of access to weak signals, not using too much internet quota, economical, good enough features to support learning. Although it supported the learning process, some students still found some difficulties in online learning using online learning applications. Key Words : Students' Perception, Applications, Online Learning