Meningkatkan Motivasi, Minat, Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Kesebangunan Dan Simetri Melalui Alat Peraga Gambar Bangun Datar Di Kelas V SDN 004 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi, Minat, Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Kesebangunan Dan Simetri Melalui Alat Peraga Gambar Bangun Datar Di Kelas V SDN 004 Tanjung Palas

Meningkatkan Motivasi, Minat, Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Kesebangunan Dan Simetri Melalui Alat Peraga Gambar Bangun Datar Di Kelas V SDN 004 Tanjung Palas

Pengarang : Rosita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Meningkatkan Motivasi, Minat, dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Sifat-sifat Kesebangunan dan Simetri Melalui Alat Peraga Gambar Bangun Datar kelas V SDN 004 Tanjung Palas.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 25 April sampai 10 Mei tahun pembelajaran 2011/2012 dengan 3 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 004 Tanjung Palas tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 29 siswa. Data diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun ruang dan bangun datar serta pemberian tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, kriteria ketuntasan belajar klasikal pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 72,3% dengan rata-rata nilai sebesar 71,72 dan meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan rata-rata nilai sebesar 87,93. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dapat meningkatkan motivasi, minat, dan hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat kesebangunan dan simetri siswa kelas V SDN 004 Tanjung Palas.

Improving Motivation, Interests, and Learning Outcomes in Mathematics in material properties of similarity and symmetry through Image Viewer Tool Build Flat-class V SDN 004 Tanjung Palas. The study carried out an Action Research Class. This study was conducted from 25 April to 10 May of learning 2011/2012 with 3 sessions in 2 rounds. The subjects were students of class V SDN 004 Tanjung Palas learning year 2011/2012, amounting to 29 students. Data obtained through the observation of the learning process by using props and wake-up flat space and the provision of testing at the end of each round. Based on the research conducted, the classical criteria of mastery learning in the first round of student learning outcomes reached 72.3% with an average value of 71.72 and increased in the second round to 100% with an average value of 87.93. The results showed that props can increase motivation, interests, and learning outcomes of mathematics to the material properties of similarity and symmetry fifth grade students of SDN 004 Tanjung Palas.

Detail Informasi