
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Pada Materi Peristiwa Alam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran STAD Pada Kelas V Di SDN 020 Tanjung Selor
Pengarang : Ristiyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN 020 Tanjung Selor pada materi Peristiwa Alam dengan menggunakan model pembelajaran STAD.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2x pertemuan.Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Mei 2012 dan siklus 2 pada tanggal 18 dan 19 Mei 2012.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pada siklus 1 adalah pilihan ganda dan pada siklus 2 isian, bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan indikator yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V SDN Tanjung Selor yang berjumlah 35 orang dalam materi Peristiwa Alam. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siklus 1 yang dicapai siswa yaitu 58,28 dan siklus 2 yaitu 79,14.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V dalam materi Peristiwa Alam adalah melalui penggunaan model pembelajaran STAD.
Objective to determine student achievement improvement SDN 020 V class Tanjung Selor Natural Events on the material using STAD learning model. Action research was conducted in two cycles and each cycle consisting of 2x meetings. Cycle one held on 11 and 12 May 2012 and the second cycle on 18 and 19 May 2012. Collecting data obtained from observations, questionnaires and posttest at the end of each cycle. A test in cycle 1 is multiple choice and the second cycle of stuffing, an individual. Problems created by the researchers and adjusted indicators that have been formulated. The results of the analysis of the study showed that there was an increase in student achievement SDN Tanjung Selor V class numbering 35 people in the event of material Nature. It can be seen from the average grade achieved by the student cycle 1 and cycle 2 is 58.28 which is 79.14. Thus, one of the efforts that can be done to improve science learning outcomes of students in class V Events Natural materials is through the use STAD learning model.