Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengenalan Pecahan Melalui Alat Peraga Pada Siswa Kelas III SDN 001 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengenalan Pecahan Melalui Alat Peraga Pada Siswa Kelas III SDN 001 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengenalan Pecahan Melalui Alat Peraga Pada Siswa Kelas III SDN 001 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Puji Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan alat peraga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 001 Sesayap Hilir tahun pembelajaran 2011/2012.
Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Siswa laki – laki berjumlah 12 orang dan siswa perempuan berjumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dan siklus II masing – masing dilaksanakan sebanyak satu kali pertemuan dan satu kali tes hasil belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan pemberian tugas, sedangkan alat peraga yang digunakan adalah tempe. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi untuk mengukur tingkat aktivitas siswa. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus.
Soal tes hasil belajar pada setiap siklus berbentuk uji tes. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis data berupa nilai tes hasil belajar setiap siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata – rata adalah 61,45 dan pada siklus II sebesar 72,92. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 91,67%. Aktivitas guru pada siklus I dinilai cukup oleh observer, pada siklus II dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika Melalui Alat Peraga Pada Siswa Kelas III SDN 001 Sesayap Hilir Pokok Bahasan Pengenalan Pecahan mengalami peningkatan.

The purpose of this research found out the using of laerning aids in learning can improve the students learning in class III SDN 001 Sesayap Hilir in the 2011/2012. The students included in 24 students. The boys concicted of 12 students and the girls consisted of 12 students. The research was performed in two cycles. The first cycle and the second cycle were performed for once meeting and once test learning. technic of collecting data used observation sheet to measure the students activity. The learning test was performed in each last cycle to find out the improvement of students learning in each cycle. The questions of learning test in each cycle was test examination. The grade of the result learning was acquired with analyzing data in the grade of the result learning each cycle. The students learning was improvement from the first cycle with the average value 61,45 and the second cycle was 72,92. While the classic completeness was 91.67%. The teachers’ activity in the first class was graded in sufficient, the second cycle was graded with good. Based on the research result, could be concluded that the result learning of mathematic through learning aids in the students of class III SDN 001 Sesayap Hilir in the main item of introducing fraction was improvement.

Detail Informasi