
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia Dan SBK) Di Kelas II A SDN 001 Sesayap, Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Otih Sunarsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tematik (IPA, Bahasa Indonesia, dan SBK) di kelas II A SDN 001 Sesayap Kab. Tana Tidung.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaiyu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil analisis data ini dapat disimoulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nila rata-rata adalah 61.8 dan pada siklus II sebesar 79.2. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 88.9% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa di kelas II A SDN 001 Sesayap Kab. Tana Tidung meningkat menggunakan model pembelajaran tematik (IPA, Bahasa Indonesia, dan SBK).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Tematik (IPA, Bahasa Indonesia, dan SBK), Hasil Belajar
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ achievement through Thematic (Natural Science, Bahasa Indonesia and Art Culture) learning model at Second Grade Students of SD Negeri 001 Sesayap. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 61.8 and the second cycle was 79.2 and its classical percentage was 88.9%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using thematic (Natural Science, Bahasa Indonesia and Art Culture) learning model. By understanding the resul of this study, it can be concluded that thematic (Natural Science, Bahasa Indonesia and Art Culture) learing model can improve the Students’ Achievement through Thematic (Natural Science, Bahasa Indonesia and Art Culture) learning model at Second Grade Students of SD Negeri 001 Sesayap. Keywords: Thematic (Natural Science, Bahasa Indonesia and Art Culture) Learning Model, Students’ Achievement