Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Perpaduan Alat Peraga Dan Media Gambar Di Kelas IV B SDN 001 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Perpaduan Alat Peraga Dan Media Gambar Di Kelas IV B SDN 001 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana Menggunakan Perpaduan Alat Peraga Dan Media Gambar Di Kelas IV B SDN 001 Sesayap

Pengarang : Nursiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana menggunakan perpaduan alat peraga dan media gambar di kelas IV B SDN 001 Sesayap.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalahmasalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 64.8 dan pada siklus II sebesar 79.6. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 96% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa kelas IV B SDN 001 Sesayap meningkat dalam menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana menggunakan perpaduan alat peraga dan media gambar.

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ achievement on determining the characteristic of simple geometrical through combination of visual aids and pictures media at fourth grade students of SD Negeri 001 Sesayap. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 64.8 and the second cycle was 79.6 and its classical percentage was 96%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using combination of visual aids and pictures media. By understanding the result of this study, it can be concluded that the combination of visual aids and pictures media can improve the students’ achievement on determining the characteristic of simple geometrical at Fourth Grade Student of SD Negeri 001 Sesayap. Keywords: Combination of Visual Aids and Pictures Media, Students’ Achievement

Detail Informasi