Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 009 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 009 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi Menggunakan Media Gambar Berbasis TIK Di Kelas IV SDN 009 Sesayap

Pengarang : Nurmili Masliah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 009 Sesayap dalam pembelajaran IPA pada materi perubahan kenampakan bumi. Untuk mencapai tujuan dan menjawab permasalahan sebagaimana disebutkan diatas maka dilakukan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar kerja siswa dan lembar observasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaksi, yaitu keterkaitan antara tiga komponen antara lain: pengumpulan data/reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan: Pertama pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan Media Gambar berbasis TIK di kelas IVA SDN 009 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung dapat berjalan efektif, tujuan indikator dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar berbasis TIK dalam pembelajaran IPA . Kedua Penerapan. pembelajaran dengan menggunakan media gambar berbasis TIK dalam pembelajaran IPA pada materi perubahan kenampakan bumi, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61.67 % dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM IPA di Kelas IV mencapai 55.6 %, pada siklus II meningkat menjadi 85.28 untuk rata-rata dan persentase ketuntasan pada siklus dua mencapai 100%. Oleh karena itu, penggunaan media gambar berbasis TIK merupakan media pembelajaran yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi.

Classroom Action Research was conducted at 009 fourth grade students of SDN Sesayap. Issues addressed in this study is about learning science about the appearance of the earth's surface using ICT-based image media. The aim of this study was to improve learning outcomes SDN 009 fourth grade students in learning science Sesayap to material changes in the appearance of the earth. To achieve goals and address issues mentioned above then do action research. Study used action research methods class that contains lines of inquiry include four stages, starting from planning, action, observation and reflection. The four stages of a cycle. The research took place in two cycles. Data collection techniques in this study is documentation, test learning outcomes, and the observation sheet. The data analysis technique used is the interaction analysis model, the relationship between the three components are: data collection / data reduction, data presentation and conclusion / verification. The results of this class action can resume: First implementation science learning through ICT-based image media in learning science in the material changes the appearance of the earth in class IVA elementary School District 009 Sesayap Sesayap Tana Tidung be effective, objective indicators can be achieved in accordance with the purpose of learning by implementing ICT-based image media learning. Second Seen from an increase in student learning outcomes are very high after learning by using ICT-based image media in learning science in the material changes the appearance of the earth, where the average value of student learning outcomes in the first cycle of 61.67% with the number of students who have reached the KKM IPA in Class IV reached 55.6%, in the second cycle increased to 85.28 for the average and percentage of completeness in two cycles to 100%. Therefore, the use of ICT-based drawing media is media that is suitable for use in science learning in particular on material changes in the appearance of the earth.

Detail Informasi