Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Lambang Bilangan Di SDN 013 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Lambang Bilangan Di SDN 013 Tanjung Palas

Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Lambang Bilangan Di SDN 013 Tanjung Palas

Pengarang : Nurhayati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Meningkatkan Minat, dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Lambang Bilangan Siswa kelas IV SDN Tanjung Palas.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 26 April sampai 29 Mei tahun pembelajaran 2011/2012 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 013 Tanjung Palas tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 19 siswa. Data diperoleh melalui observasi proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan romawi serta pemberian tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, nilai awal yang diperoleh siswa yaitu 55 dan masih di bawah standar KKM 65. Setelah dilaksanakan penelitian memperoleh nilai siswa pada siklus 1 dengan rata-rata nilai sebesar 76,84 dan meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata nilai sebesar 95,79. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga dapat meningkatkan minat, dan prestasi belajar matematika pada materi lambang bilangan siswa kelas IV SDN 013 Tanjung Palas.

Increasing interest and Mathematics Learning Achievement by Using Symbol Aids Numbers Grade IV SDN 013 Tanjung Palas. The study carried out an Action Research Class. This study was conducted from 26 April to 29 May of learning 2011/2012 with 4 meetings in 2 rounds. The subjects were fourth grade students learning SDN 013 Tanjung Palas year 2011/2012, amounting to 19 students. Data obtained through the observation of the learning process by using props roman numeral card and giving the test at the end of each round. Based on the research conducted, the initial value obtained by the students is 55 and still below standard KKM 65. Having conducted research students scoring in the first round with an average value of 76.84 and increase in the second with an average value of 95.79. The results showed that props can increase interest and achievement in mathematics learning materials roman numeral symbol fourth grade students of SDN 013 Tanjung Palas.

Detail Informasi