
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas III SD Negeri 007 Sesayap Hilir
Pengarang : Norma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas III SDN 007 Sesayap Hilir pada pembelajaran matematika melalui pembelajaran Kooperatif tife Numbered Head Together (NHT).
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas III SDN 007 Sesayap Hilir 18 siswa.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajara siswa kelas III SDN 007 Sesayap Hilir dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus 1 sebesar 65.7 dan pada siklus II meningkat menjadi 83.3.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika adalah melalui penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
The objective of the study is to know student’s achievement mathematic learning troug the Cooperatife learning model Numbered Head Together type at student class III SDN 007 Sesayap Hilir. The data collection obtained from observation, questionnaires, and post test at the end of each cyle. The form of post test essay test and students does the test individually. Results of analysis showed thet there is increasing studen’s achiement in understanding the mathematic up even with the use of models. Thus, one of effort thet can be done to improve mathematic learning auocomes of students is by using models. Keywords: Cooperative Learning Model Numbered Type Head Together (NHT)