
Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IX SMP Negeri 8 Kota Tarakan
Pengarang : Desi Ermawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 8 Kota Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam skripsi ini adalah data primer, yaitu data yang didapatkan dari kuesioner yang memenuhi kriteria validasi dengan perolehan Vtabel 0,94 dan Vhitung 1 maka dinyatakan valid. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 8 yang berjumlah 140 siswa, teknik yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 8 Kota Tarakan berada pada kategori cukup efektif, dengan perolehan sebanyak 108 siswa dan persentase 77%.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring
The present research aimed to determine the effectiveness of online learning using Google Classroom application in mathematics subject at Class IX of SMP Negeri & Tarakan. This research was conducted with a descriptive quantitative approach. The data were gathered from the primary data using a questionnaire that met the validation criteria where it was obtained V-table 0.94 and V-count 1, then the questionnaire was declared valid. The sample in this research was the Class IX students of SMP Negeri 8 Tarakan consisting of 140 students selected using a simple random sampling technique. The findings of the research revealed that online learning using Google Classroom application in mathematics subject at Class IX of SMP Negeri 8 Tarakan was in a fairly effective category with a total of 108 students and a percentage of 77%. Keywords: Effectiveness, Online Learning, Google Classroom