Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kantor Desa Binusan di Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kantor Desa Binusan di Kabupaten Nunukan

Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kantor Desa Binusan di Kabupaten Nunukan

Pengarang : Samsiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Kantor Desa Binusan yang diukur berdasarkan kepuasan masyarakat dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif dengan menggunakan analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil desain dalam bentuk angka. Penelitian dilakukan di Kabupaten Nunukan terkhusus di Desa Binusan. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling (secara acak). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk pelayanan Kantor Desa Binusan adalah 2,68 dengan angka konversi sebesar 67. Maka kinerja kualitas pelayanan publik berada dalam kategori mutu pelayanan kurang baik. Hasil dari 9 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat dengan nilai antara 0-100, adalah sebagai berikut : (1) Persyaratan Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75,75 dengan kategori Kurang Baik. (2) Prosedur Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75,25 dengan kategori Kurang Baik. (3) Waktu Penyelesaian Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 72 dengan kategori Kurang Baik. (4) Jam Operasional Kantor memiliki nilai IKM sebesar 52,5 dengan kategori Tidak Baik. (5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 73,75 dengan kategori Kurang Baik. (6). Kompetensi Pelaksana Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 72,5 dengan kategori Kurang Baik. (7) Perilaku Pelaksana Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 75,25 dengan kategori Kurang Baik. (8) Penanganan Pengaduan Petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 69 dengan kategori Kurang Baik. (9) Sarana dan prasarana petugas Pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 62,25 dengan kategori Tidak Baik.

The objective of this research is to know the service quality of Binusan village office which is measured based on the satisfaction of society by using Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) the satisfaction of society index. The kind of this research is descriptive design by using the satisfaction of society index analysis with the result design in number form. The research was conducted in Nunukan regency especially at Binusan village. The research used random sampling technique. The data gathered by using documentation and questionnaire technique. The result of this research showed that the score of the satisfaction of society index for the service of Binusan village office is 2,68 with the conversion number is 67. It refers that the quality performance of public service at Binusan village office is in less good category. The result from 9 indicators of satisfaction of society index with score between 0 – 100, are as follow: (1) The service requirement has 75,75 IKM score with less good category; (2) The service procedure has 75, 25 IKM score with less good category; (3) The finishing time of service officer has 72 IKM score with less good category; (4) Operational time of the office has 52,5 IKM score with not good category; (5) The specification product of service has 73,75 IKM score with less good category; (6) The competence of service organizer has 72,5 with less good category; (7) The behavior of service officer has 75,25 IKM score with less good category; (8) The complaint handling of service officer has 69 IKM score with less good category; (9) The infrastructure of service officer has 62,25 IKM score with not good category.

Detail Informasi