
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Pecahan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Di Kelas V SDN 004 Sesayap Hilir
Pengarang : Musakkir - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian pecahan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hal ini selaras dengan tujuan peningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas V SDN 004 Sesayap Hilir yang terdiri 3 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan 1. Teknik tes, 2. Teknik observasi aktivitas guru, 3. Teknik observasi aktivitas siswa. Indikasi keberhasilan penelitian jika mencapai atau melampaui KKM yang ditetapkan dalam penelitian ini.
Melihat hasil dari nilai akhir penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa materi perkalian pecahan mengalami peningkatan. Ketuntasan yang dicapai melampaui dari ketuntasan yang ditargetkan yakni mencapai 100%.
Pembelajaran matematika pada materi perkalian pecahan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 004 Sesayap Hilir pada tahun pembelajaran 2011/2012.
This research at Improving the students Mathematics learning achievement on fraction multiplication by using contextual teaching and learning approach. This research employed classroom action research (CAR) which was carried out at the students of class V of SDN 004 Sesayap Hilir. The students consisted of 3 boys and 9 girls. The obtain of data, the researcher used three kinds of instrument, namely: 1. Achievement test, 2. Observation sheet for teacher activity, and 3. Observation sheet for students’ activity. The result of this research could be seen that the students Mathematics learning achievement on fraction multiplication improved. It could be conduced that the use of contextual teaching and learning approach in learning mathematics about fraction multiplication could improve the student’s learning achievement of class V of SDN 004 Sesayap Hilir in academic year 2011/2012.