
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Melalui Metode Inkuiri Di Kelas V SDN 008 Tanjung Selor Kabupaten Bulungan
Pengarang : Muhammad Sidik - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN Tanjung Selor.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan selama 21 hari, mulai tanggal 5 Mei sampai 26 Mei 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN. 008 Tanjung Selor, dengan jumlah siswa sebanyak 10 siswa, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Metode inkuiri berfungsi untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, siswa lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, meningkatkan kualitas pembelajaran, meletakkan dasar-dasar yang kongret untuk berpikir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas V SDN 008 Tanjung Selor. Akhir siklus 2 terdapat 100% atau sebanyak 10 siswa yang nilainya di atas 65 (di atas KKM).
To the effect research to know how increase student studying result on material mathematics learning character build rooms at braze V SDN Tanjung Selor Cape. Observational action brazes (PTK). Executed research up to 21 days, from date May 5 until 26th May 2012. Subject is research is student braze V SDN. 008 selor's Capes, with student amount as much 10 students, consisting of 2 male students and 8 female students. Inquiry's method functions to render effective learning situation, easier student and fast catch aim and material teaches, increasing learning quality, placing basics that concrete to think. Result observation to point out that method inquiry can increase concept grasp ability builds room on student brazes v SDN 008 Tanjung Selor Capes. The end cycle 2 available 100% or as much 10 students that its above point 65 (upon KKM).