
Uji Kelayakan Dan Respon Siswa Terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Riset Pada Beras Krayan Di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan
Pengarang : Linda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja siswa (LKS) yang dikembangkan berdasarkan ahli praktisi dan respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School tahun ajaran 2022/2023 yang pernah menempuh materi sistem pencernaan yaitu sebanyak 15 orang siswa dan satu orang guru mata pelajaran Biologi. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan jawaban dari angket validasi ahli praktisi dan angket respon siswa yang disebarkan secara langsung di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS secara keseluruhan sangat layak sebagai bahan ajar, Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli praktisi dan respon siswa. LKS ini dikatakan sangat layak dengan nilai persentase 92% oleh ahli praktis dan 88% oleh respon siswa.
Kata kunci : LKS, Sistem Pencernaan, Kuantitatif
The purpose of this study was to evaluate the feasibility of student worksheets (LKS) that were created using feedback from students and professional practitioners. This type of research was quantitativ research with survey mrthods. The population in this study were class XI SMA Muhammadiyah Boarding School students of the 2022/2023 academic year who had taken digestive system material, namely 15 students and one Biology subject teacccher. All date was obtained based on answer from the expert practitioner validation questionnaires and student response questionnaires which were distributed directly in school. The study’s findings showed that the LKS was a highly feasibel teaching resource as a whole. This was indicated by the results of the validation carried out by expert practitioners and student responses. This LKS was said to be very feasible with a percentage score of 92% by practical experts and 88% by student responses. Keywords : LKS, Digestive System, Quantitative