Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Energi Dan Penggunaannya Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir

Pengarang : Muhammad Dayat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembelajaran pada pokok bahasan energi dan penggunaannya di SDN 005 Sesayap Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui metode eksperimen di Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir. Serta memberikan informasi tambahan kepada guru lain. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif dengan 2 siklus.
Subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir yang berjumlah 12 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase dan rata-rata untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar: menggunakan analisis nilai tes hasil belajar.
Hasil observasi keaktivan kepada siswa Kelas IV dimana pada siklus I diketahui bahwa perhatian siswa masih belum fokus terhadap materi pelajaran yang diberikan, penguasaan materi belajar masih belum penuh sehingga baru 65%-77% siswa yang aktif, sedangkan kegiatan pembelajaran siklus II ini diketahui keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan, kegiatan pembelajaran dianggap cukup baik, alat peraga yang digunakan cukup variatif dan jumlahnya lebih banyak, penguasaan materi pelajaran lebih baik, dan keterlibatan siswa mencapai 86-92%.
Demikian dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan metode eksperimen kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir. pada siklus I penelitian tindakan kelas ini belum berhasil sesuai dengan yang diharapkan rata-rata hasil belajar baru mencapai 58, pada siklus II baru mencapai 77,5 mengalami peningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar pada Kelas IV SDN 005 Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung.

The researcher made research about learning of energy and the usage material at SDN 005Sesayap Hilir.The purposes of the research are to know the Increasing of the Students' Study Result in Learning Natural Subject about Energy and the Usage by Using Teaching Media in Experiment Method at Grade IV SDN 005 Sesayap Hilir, also to give more information to the other teachers. The research using qualitative description research design with two cycles. The subject of the research is the 12 students of Grade IV SDN 005 Sesayap Hilir. The data collects through study result test, the student and teacher observation sheet. The collecting data in every activity from classroom action research process is analyze in descriptive by using percentage and average technique to see the happens in learning activity. Study result: using analysis the score of the study result. Observation resultthe active of the students of Grade IV which at the cycle I, knows that the students' attention still not focus to the teaching material given, the mastery of learning material still not good, so just 65%-77% students are active, whetherlearnning activity at the cycle 2 knows that students active is increase, the learning process assume good enough, the using of teaching media is variative enoughand much more, the mastery of the learning material is better, and the students' participation reached 86-92%. That is the students learning result at learning of Natural subject by using experiment method of grade IV SDN 005 Sesayap Hilir. At the cycle I, this classroom action research still not success as hope. The average of learning result just reaches 58, and at cycles II got 77,5which shows increase. So, we can assume that the learning of natural subject by using experiment method can increase the study result of students at grade IV SDN 005 Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung.

Detail Informasi