Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Berbantuan Media Gambar Kelas IV Di SD Negeri 002 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Berbantuan Media Gambar Kelas IV Di SD Negeri 002 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sederhana Berbantuan Media Gambar Kelas IV Di SD Negeri 002 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Moh. Soleh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh, siswa kelas IV dalam satu kelas tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran matematika pada semester II yaitu Bangun Ruang Sederhana. Siswa kelas IV pada kegiatan belajar mengajar kurang merespon materi pelajaran yang tentu saja berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan pra siklus penelitian ulangan harian yang telah dilaksanakan oleh peneliti diperoleh nilai siswa yang tuntas belajarnya hanya ada 3 orang siswa atau 23,07% dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 46,15. KKM yang ditentukkan pada penelitian ini adalah 65.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika dengan materi pelajaran Bangun Ruang Sederhana berbantuan media gambae. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan rangkaian tindakan pengumpulan data penelitian untuk melaksanakan tes ulangan harian pada setiap akhir tindakan belajar pada siklus I dan siklus II. Hasil peneltian yang diperoleh pada siklus I-I rata-rata hasil belajar siswa kelas IV adalah 53,84 dan pada siklus I -II nilai rata-rata 59,23. Pada pelaksanaan siklus II-I hasil nilai rata-rata siswa kelas IV mengalami peningkatan yaitu 64,61 dan pada pelaksanaan siklus II - II nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas IV mencapai ketuntasan belajar yang diinginkan yaitu 66,92. Penerapan pembelajaran matematika berbantuan media gambar mampu meningkatkan dan membangkitkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 002 Tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi