
Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 009 Tanjung Palas Utara Pada Pembelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi
Pengarang : Misliyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Di SDN 009 Tanjung Palas Utara proses pembelajaran IPA masih di dominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendah nyanilai rata – rata siswa.Untuk mengatasinya hal yang harus di lakukan dengan menggunakan metode yang sesuai agar siswa dapat berfikirkritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreiatif, dan inovatif salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 009 Tanjung Palas Utara melalui metode pembelajaran Demonstrasi, pada materi proses pembentukan tanah.Jeni spenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus,yang masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi.data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus,dan aktifitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar obserfasi,penelitian ini di laksanakan mulai pada tanggal 23 mei sampai 31 Mei 2012 dengan 4 kali pertemuandalam 2 siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 009 Tanjung Palas utara yang berjumlah 13 orang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan,pada siklus di peroleh rata – rata hasil belajar siswa sebesar 70,38 dan prentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Pada siklus 2 diperoleh rata – rata belajar siswa sebesar 79 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100% dari hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas V SDN 009 tanjung Palas Utara tahun pelajaran 2011/2012.
Tidak Tersedia Deskripsi