
Meningkatkan Respon Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Mengidentifikasi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 014 Tanjung Palas Kab. Bulungan
Pengarang : Megawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Di SD Negeri 014 Tanjung Palas, hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika khususnya di Kelas V hanya memperoleh nilai rata-rata 45 dengan ketuntasan 40%. Nilai rata-rata tersebut masih kurang dari KKM yang telah ditentukan, yaitu 65. Hal itu dipengaruhi oleh penguasaan materi yang kurang oleh siswa, siswa malas belajar, dan siswa kurang adanya respon pada saat proses belajar di sekolah. Untuk mengatasinya, hal yang harus dilakukan dengan menggunakan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di Kelas V SD Negeri 014 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan, dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 014 Tanjung Palas Kabupaten Bulungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dan revisi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, hasil pengamatan respon siswa dalam pembelajaran dan hasil pengamatan observasi guru yang dibantu oleh teman sejawat, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 26 April sampai 2 Mei 2012 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 014 Tanjung Palas Bulungan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, Respon siswa dalam mengikuti pembelajaran, siklus I hanya memperoleh rata-rata 2,45, siklus II memperoleh nilai rata-rata 3,33. Sedangkan hasil belajar siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata 58 dengan presentase ketuntasan 40%, pada siklus II diperoleh rata-rata 72 dengan presentase ketuntasan 73%. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan respon siswa dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada Siswa Kelas V SD Negeri 010 Tanjung Palas Bulungan Tahun ajaran 2011/2012.
Tidak Tersedia Deskripsi