Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Tema Lingkungan Dengan Model Contextual Teaching And Learning Di SDN 014 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Tema Lingkungan Dengan Model Contextual Teaching And Learning Di SDN 014 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Tema Lingkungan Dengan Model Contextual Teaching And Learning Di SDN 014 Tanjung Palas

Pengarang : Masyitah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Masalah yang umum ditemui di SDN 014 Tanjung Palas adalah masih rendahnya penguasaan materi pembelajaran khususnya mata pelajaran terpadu yaitu tidak mencapai ketuntasan yang telah ditentukan dengan nilai rata-rata 65 sebesar 70%. Hal tersebut dikarenakan diantara siswa yang di SDN 014 Tanjung Palas khususnya kelas I masih ada Siswa belum bisa membaca, Belum bisa menghitung, Kurangnya perhatian siswa terhadap pelajaran, Siswa kurang konsentrasi belajar karena mereka lebih terfokus kepada suasana bermain sehingga mempengaruhi motivasi belajar di sekolah berkurang. Oleh karena itu Salah satu solusi untuk mengatisipasi hal diatas, penggunaan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya sekolah tingkat dasar kelas I, salah satu model pembelajaran yaitu Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada tema lingkungan dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN 014 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan revisi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil pengamatan aktivitas siswa, hasil pengamatan observasi guru yang dibantu oleh teman sejawat dan akhirnya diperoleh hasil belajar siswa, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 April sampai 2 Mei 2012 dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 014 Tanjung Palas Bulungan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 15 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa Penerapan pembelajaran tematik (IPS, IPA, Bahasa Indonesia) dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dikelas I SDN 014 Tanjung Palas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I dengan rata-rata 59,3 ketuntasan hanya 40%, sedangkan pada siklus II diperoleh dengan rata-rata 74 sebesar 87% ketuntasan siswa.

Problem that generically been found at SDN 014 Tanjung Palas is is still its lows learning material masteries in particular coherent subjects which is don't reach thoroughness already being determined by average values 65 as big as 70%. That thing because of between student that at SDN 014 Tanjung Palas in particular extant I class Students can't yet read, can't yet account, its reducing is student attention to study, Subtracted student concentrates studying because they more focused to atmosphere play so regard studying motivation at schooled dwindling. Therefore, one of solution for anticipate thing upon, learnings model purpose which can increase student studying result in particular base rate school brazes I, one of learning model which is Contextual Teaching and Learning (CTL). This research intent for to increase student studying result I class on environmental theme with model Contextual Teaching and Learning (CTL) at SDN 014 Tanjung Palas. This observational type is observational action braze that executed deep 2 cycles, with each executed cycle 2 appointments, one that each cycle consisting of planning phase, action, observation, reflection and revision. Acquired data in this research covers: Activities observing result student, observations observing result learn that aided by comate colleague and finally been gotten student studying result, this research is executed on the fifteenth 24th April until May 2, 2012, deep 2 cycles. This observational subject is I. class student SD Country 014 Tanjung Palas Bulungan's Capes school years 2011 / 2012 total one 15 students. Base observational result already been performed, gotten that thematic's learning Implement (IPS, IPA, Bahasa Indonesia) with learning model contextual teaching and learning (CTL) brazedI. SDN 014 Cape Palas can increase student studying achievements that marked by thoroughness step-up studies deep student each cycle, which is I. cycle with averagely 59,3 thoroughness just 40%, meanwhile on cycle II. acquired with average 74 as big as 87% student thoroughness's.

Detail Informasi