
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pakem Di Kelas IV B SDN 010 Tanjung Selor
Pengarang : Masniah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas masih banyak dijumpai penerapan strategi mengajar yang tidak menarik bagi siswa sebagai pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan menggunakan penerapan pembelajaran model PAKEM untuk mneingkatkan motivasi dan hasil belajar siswa IPA kelas IV/B SDN 010 Tanjung Selor Menggunakan media gambar visual LCD.
Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dua siklus pelaksanaannya terdiri empat komponen,rencana.tindakan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah Seluruh siswa kelasIV/B SDN 010 Tanjung Selor. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II tahun ajaran 2011-2012, tekhnik pengumpulan data observasi, kerja kelompok, angket dan evaluasi.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV/B SDN 010 Tanjung Selor dalam Materi Sumber Daya Alam melalui model PAKEM. Hal ini dapat dilihat hasil evaluasi secara Individual siklus I dengan nilai rata-rata yang dicapai 81,60 dan siklus II 87,64
Dengan demikian salah satu upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah melalui pembelajaran Model PAKEM.
Lessons are conducted in a classroom Laumann implementation of teching strategies that are not attractive to students as learning. This research aims to use the application PAKEM learning model to enhance student motivation and learning science slass IV/B SDN 010 Tanjung Selor Using LCD visual image media. This type of research is a classroom action research (CAR), which comprises two execution cycle consists of four components, planning, action, observation and reflection. All the study subjects were grade IV/B SDN 010 Tanjung Selor 010. The research was conducted in the second half of the school year 2011-2012, the data collection techniques of observation, teamwork, and evaluation questiobbaires. The results of the analysis showed that the there was an increase in student achievement grade IV/B SDN 010 in Tanjung Selor Materials of Natural Resources through PAKEM models. It can be seen the results of the first cycle Individual evaluations with the average value reached 81.60 annd 87.64 the second cycle. Thus, one of the efforts that can be done to improve learning outcomes is through learning science PAKEM Model.