Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV D SDN 001 Tanjung Selor Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Tahun Pelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV D SDN 001 Tanjung Selor Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Tahun Pelajaran 2011/2012

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV D SDN 001 Tanjung Selor Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Tahun Pelajaran 2011/2012

Pengarang : Mardiah Hayati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV D, SDN 001 Tanjung Selor. Pada materi Perubahan Lingkungan Fisik melalui pendekatan pembelajaran kontekstual.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan postes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan Tujuan Instruksiaonal khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV D SDN 001 Tanjung Selor yang berjumlah 34 siswa.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV D SDN 001 Tanjung Selor dalam materi perubahan lingkungan dengan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Hal ini dapat dilihat hasil evaluasi secara individual siklus I dengan nilai rata- rata yang dicapai siswa 68,23 dan siklus II 78,82.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA adalah melalui pendekatan pembelajaran kontekstual.

Objective to determine student achievement increased class IV D, 001 SDN Tanjung Selor. Physical changes in the material environment through contextual learning approach. Collecting data obtained from observations, questionnaires, and post-test at the end of each cycle. Forms of multiple-choice test and are individu. The test made by researchers and adapted to the purpose of the special Instruksiaonal been formulated. The results of the analysis showed that there was an increase in student achievement grade IV 001 D SDN Tanjung Selor totaling 34 students. The results of the analysis showed that there was an increase in student achievement grade IV D SDN Tanjung Selor 001 in material changes to the environment through contextual learning approach. It can be seen individually evaluation cycle I with an average of 68.23 students achieved 78.82 and second cycle. Thus, one of the efforts that can be done to improve science learning outcomes is through contextual learning approach.

Detail Informasi