Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas

Pengarang : Mahfud - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui Peningkatan prestasi Belajar siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas pada Materi Memahami Sifat Bangun Ruang Sederhana dan hubungan antar Bangun Datar dengan menggunakan Alat Peraga.
Pengumpulan Data diperoleh dari hasil Observasi, Angket dan Tes pada setiap akhir Siklus. Bentuk Tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh Peneliti dan disesuaikan dengan tujuan intruksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis Penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 012 Tanjung Palas yang berjumlah 18 siswa.
Hasil analisis Penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 012 Tanjung Palas dalam materi memahaimi sifat bangun ruang sedrhana dan hubungan antar bangun datar dengan menggunakan Alat Peraga. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 56,66 dan 73,33. Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dalam pembelajaran matematika adalah melalui penggunaan alat peraga.

The objective of the study is to knaw student’s achievement on the material of the simple geometrycharacteristic and the relation between up even with the models. The data collection abtained from of servation, Quiestionnaeires, and tes at the end of each cyle. The from of post test isessay test and studens does the tes individually. The tes items is made by the researcher and suitable with specific intructional objectives ( TIK ) heve been formulated. Results of analysis Showed that there is increasing student’s achievement in understanding the material of simple geometry characteristicsand the relation between up even with the use of models. Thus, one of effort can be done to improve mathematic learning outcomes of students is by using models.

Detail Informasi