Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di SMP Negeri 13 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di SMP Negeri 13 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Efektivitas Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di SMP Negeri 13 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Apriliyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 13 Tarakan tahun ajaran 2022/2023. Keterampilan sosial merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan interaksi dengan lingkungan serta dapat menyesuaikan diri dengan aturan dan norma yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one-group pretest – posttest. Adapun populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII-2, VIII-3 dan IX-2 SMP Negeri 13 Tarakan yang berjumlah 82 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala keterampilan sosial berdasarkan teori Calderella dan Merrel (dalam Hadi, 2018), dengan uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Pada pemberian pretest terdapat 10 (100%) siswa memiliki tingkat keterampilan sosial yang rendah. Pada pemberian posttest terdapat 9 (90%) siswa memiliki tingkat keterampilan sosial sangat tinggi, dan 1 (10%) siswa memiliki tingkat keterampilan sosial tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.005 ≤ 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak, maka hipotesis yang berbunyi “teknik diskusi kelompok efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di SMP Negeri 13 Tarakan” diterima.

Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Keterampilan Sosial

This research aimed to determine the effect of group discussion techniques on the students' social skills at SMPN 13 Tarakan in the academic year 2022-2023. Social skills are defined as the ability to interact with the environment and adapt to rules and norms. The research used a quantitative approach with an experimental method of a one-group pretest-posttest design. The research population was 82 seventh-two, eighth-three, and ninth-two graders of SMPN 13 Tarakan, and the purposive sampling techniques led to 10 students as the sample of this study. The research instruments used a social skills scale of Calderella and Merrel's theories (in Hadi, 2018), with the hypothesis test using the Wilcoxon test. At the pre-test, there were 10 (100%) students with a low level of social skills. The post-test results defined nine (90%) students were categorized into a very high level of social skills and one (10%) student with a high degree of social skills. Furthermore, the Wilcoxon test described a sig (2-tailed) value of 0.005 < 0.05 (Ha received and Ho rejected). It indicated that the group discussion technique is effective to improve students social skills of SMPN 13 Tarakan. Keywords: Group Discussion, Social Skills

Detail Informasi