
Efektivitas Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Di SMP Negeri 13 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Indriyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bermaksud mengetahui efektivitas teknik modeling simbolik dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 13 Tarakan. Prososial merupakan perilaku menolong seseorang secara sukarela tanpa mengharapkan sebuah imbalan ataupun mempunyai motif tersendiri setelah menolong. Dalam penelitian ini menerapkan metode eksperimen desain one-group pretest-posttest. Adapun populasi penelitian siswa sebanyak 80 siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Tarakan. Setelah dilakukan penarikan sampel menggunakan non probality sampling (Purpusive sampling) menghasilkan 10 siswa. Skala perilaku yang digunakan dalam penelitain ini adalah skala perilaku prososial siswa dengan uji hipotesis uji Wilcoxon. Terdapat 10 (100%) siswa memiliki perilaku prososial rendah. Pada pemberian posttest terdapat 10 (100%) siswa memiliki perilaku prososial sangat tinggi. Berdasarkan hipotesis menggunakan Wilcoxon diperoleh Zhitung -2,807 < 0,0022 kemudian sig (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Maka hipotesis yang berbunyi "bimbingan kelompok dengan teknik modeling simbolik dapat meningkatkan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 13 Tarakan" diterima.
Kata Kunci: Modeling Simbolik, Perilaku Prososial
This study aims to determine the effectiveness of symbolic modelling techniques in group guidance to improve student' prosocial behavior at SMP Negeri 13 Tarakan. Prosocial is the behavior of helping someone voluntarily without expecting a reward or having its own motives after helping. This study used the experimental method of one-group pretest-posttest design. The population was 80 eighth graders at SMP Negeri 13 Tarakan. Using non-probability sampling (purposive sampling), 10 students were chosen as the samples. The behavior scale used in this research was the student prosocial behavior scale with the Wilcoxon hypothesis test. The study results showed that 10 students (100%) had low prosocial behavior. In the posttest, 10 students (100%) had very high prosocial behavior. Based on the hypothesis using Wilcoxon, Z count -2.807 < 0.0022 was obtained, then sig (2-tailed) was 0.005 < 0.05. Therefore, the hypothesis of "group guidance with symbolic modelling techniques can improve student' prosocial behavior at SMP Negeri 13 Tarakan" was accepted. Keywords: Symbolic Modelling, Prosocial Behavior