Analisis Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna BPJS di Kota Tarakan (Studi Kasus Puskesmas Gunung Lingkas) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna BPJS di Kota Tarakan (Studi Kasus Puskesmas Gunung Lingkas)

Analisis Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna BPJS di Kota Tarakan (Studi Kasus Puskesmas Gunung Lingkas)

Pengarang : Tasya Putri Prameswari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan publik di Puskesmas Gunung Lingkas Kota Tarakan terhadap kepuasan masyarakat pengguna BPJS yang diukur menggunakan Regresi Linier Berganda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskritif. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability sampling dengan metode Insendental sampling (Secara kebetulan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menununjukkan bahwa secara parsial berdasarkan uji t menunjukkan bahwa, (i) Variabel waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk spesifikasi, kompetensi pelaksana dan pengaduan, penaganan saran dan masukan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat pengguna BPJS di Puskesmas Gunung Lingkas. Variabel persyaratan, sistem mekanisme, perilaku pelaksana dan sarana prasarana tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pengguna BPJS di Puskesmas Gunung Lingkas, (ii) Secara simultan berdasarkan uji F bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. (iii) Pada koefisien determinasi (R2) R Square di peroleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,658 sehingga nilai ini menunjukkan bahwa 65,8% kepuasan masyarakat pengguna BPJS di pengaruhi oleh variabel waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk spesifikasi, kompetensi pelaksana dan pengaduan, penaganan saran dan masukan.

The purpose of this research was to determine the effect of public services at the Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan on the satisfaction of users of the BPJS community as measured using Multiple Linear Regression. This research is a descriptive quantitative research type. The sampling technique used is the Nonprobability sampling technique with the Insendental sampling method (by chance). Data collection techniques were carried out using questionnaire and documentation techniques. The research showed that partially based on the t test showed that, (i) the completion time variable, cost / tariff, product specifications, implementing competence and complaints, the handling of suggestions and input significantly influence the satisfaction variables of BPJS user community in Gunung Lingkas Community Health Center. The requirements variable, mechanism system, implementing behavior and infrastructure do not significantly influence the satisfaction of BPJS users in Gunung Lingkas Health Center. (ii) simultaneously based on the F test that the independent variable significantly influences satisfaction. (iii) In the coefficient of determination (R2) R Square obtained a coefficient of determination of 0.658 so that this value indicates that 65.8% of BPJS user community satisfaction is influenced by the variable time of completion, cost / tariff, product specifications, implementing competencies and complaints, handling suggestions and input.

Detail Informasi