Faktor Penyebab Masalah Belajar Siswa Melalui Home Visit Di SDN 033 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor Penyebab Masalah Belajar Siswa Melalui Home Visit Di SDN 033 Tarakan

Faktor Penyebab Masalah Belajar Siswa Melalui Home Visit Di SDN 033 Tarakan

Pengarang : Siti Chairani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab masalah belajar siswa melalui home visit di SDN 033 Tarakan. Masalah belajar adalah masalah yang menghambat proses belajar individu dalam mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang yaitu infroman MR, NC dan AK dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa faktor penyebab masalah belajar siswa dapat diketahui melalui pelaksanaan home visit yaitu faktor internal yang meliputi sikap terhadap belajar yang kurang baik dilihat dari tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas, motivasi belajar yang kurang karena tidak mendapatkan motivasi belajar dari orang tua, konsentrasi belajar yang kurang ditandai dengan suka mengantuk pada saat guru menjelaskan materi, mengolah bahan belajar yang kurang baik dilihat dari jarang belajar dirumah untuk mengulang kembali materi belajar dari guru, menggali hasil belajar yang masih perlu bimbingan yang dapat dilihat dari informan yang belum bisa membaca dan menulis sehingga menghambat belajar, rasa percaya diri yang kurang ditandai dengan tidak berani bertanya kepada guru dan kebiasaan belajar yang kurang baik dilihat dari kegiatan belajar dirumah yang jarang dilakukan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi masalah belajar adalah kurikulum yang belum sesuai kemampuan yang ditandai dengan informan belum bisa menalar materi pembelajaran.

Kata Kunci: Masalah Belajar, Home Visit

The Research animed to find out what factors cause student learning problems through home visits at SDN 033 Tarakan. Learning issues are problems that impede an individual’s learning process from achieving the expected learning goals. This research is a qualitative approach with descriptive methods. The subject of this research was 3 informants, MR, NC and AK. The data collection technique in this study was interviews and documentation. This study results showed that the casual factors of student learning problems are internal factors including a negative learning attitude by skipping the assignment. Low-level learning motivation because of lack of parents motivations, less learning concentration by sleepiness while the teacher is explaining the material, likely skipping material review at home, low reading and writing proficiency contributing on hinder learning, and low-level of self-confidence marked potentially in-active participation. Furthermore, the external factor contributing is the curriculum does not meet the competency, where the informant cannot address the learning material. Keywords: Learning Issues, Home Visits

Detail Informasi