Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di SMP Negeri 3 Bunyu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di SMP Negeri 3 Bunyu

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di SMP Negeri 3 Bunyu

Pengarang : Aspin Batara - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Perilaku prososial adalah perilaku menolong yang menguntungkan bagi orang lain yang dimotivasi oleh diri sendiri untuk mengubah keadaan fisik maupun psikologis penerima bantuan dari kurang baik menjadi lebih baik, tetapi tidak memiliki keuntungan yang jelas bagi pelakunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa di SMP Negeri 3 Bunyu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pre-Exprimental Design. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah One-Group PretestPossttest. Dalam pengambilan sampel penelitian ini, peneliti menggunakan teknik random sampling. Populasi sasaran berjumlah 34 siswa dan sampel berjumlah 10 siswa. Penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengatur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomena sosial. Hasil presentase skor pretest dan posttest dapat dilihat bahwa hasil rata-rata sebelum siswa diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 56,8 dengan kategorisasi rendah, sedangkan hasil rata-rata setelah siswa diberikan perlakuan diperoleh rata-rata 79,5 dengan kategorisasi sangat tinggi. Berdasarkan perbandingan rata-rata sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan skor peningkatan sebesar 22,7. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Hasil uji paired sampel t test diperoleh nilai t hitung sebesar 9,649 > t tabel sebesar 1,833, sebagaimana dasar pengambilan keputusan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bunyu.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Prososial

Prosocial behavior is helpful behavior that benefits for others who are motivated by oneself to change the physical and psychological state of the beneficiary from less good to be better, but it has no clear benefit for the perpetrator. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of group guidance services on the prosocial behavior of students at SMP Negeri 3 Bunyu.. The type of research used in this study was quantitative using the Pre-Experimental Design research method. The research design used in this study was One-Group Pretest Posttest. In sampling, the researcher used random sampling techniques. The target population was 34 students and the sample was 10 students. This study used Likert Scales which are used to regulate attitudes, opinions and perceptions of a person or group of people about social phenomena. The percentage results of pretest and posttest scores showed that the average results before students were given treatment was 56.8 with low categorization; while the average result after students were given treatment was 79.5 with very high categorization. Based on the average comparison result before and after treatment, the increase score was 22.7. Data analysis techniques in quantitative research used statistics. The paired sample t-test results obtained a calculated t-value of 9.649> t-table of 1.833, as the basis for decision making, then Ho was rejected and Ha was accepted. Therefore, it can be concluded that there was an effect in the application of group guidance services on the prosocial behavior of grade-VIII students at SMP Negeri 3 Bunyu. Keywords: Group Guidance, Prosocial Behavior

Detail Informasi