
Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Tarakan
Pengarang : Indah Novita Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan teknik Self Management terhadap perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Tarakan. Prokrastinasi akademik adalah perilaku negatif yang memiliki kebiasaan untuk menunda mengerjakan tugas akademik. Ciri-cirinya yaitu Penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual dan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan, dan self management merupakan teknik konseling behavior yang membantu konseli untuk mendorong diri sendiri dalam mencapai perubahan kebiasaan tingkah laku yang lebih baik lagi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Dengan populasi sebanyak 32 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala Prokrastinasi Akademik. Teknik analisis data dari hasil hipotesis paired sample t-test yang diperoleh Ha diterima dikarenakan nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 16,585 > t tabel 1.833. Sehingga ada pengaruh konseling kelompok dengan teknik Self Management terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Tarakan.
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Teknik Self Management
The present research aimed to determine the effect of group counseling with self-management technique on the academic procrastination behavior of class VIIII students of SMP Negeri 14 Tarakan. Academic procrastination is a negative behavior in which someone has a habit of postponing academic assignments. Its characteristics are delays in starting and completing assignments, delay in doing assignments, time gaps between plans and actual performance, and doing activities that are more enjoyable. Self-management is a behavioral counseling technique that helps counselees to push themselves to attain changes in better habit behavior. This research was quantitative research with an experimental approach with one group pretest-posttest design. 10 out of 32 students were taken as the sample by using a purposive sampling technique. The data were collected using the academic procrastination scale. The result of data analysis using paired sample t-test was obtained that Ha was accepted which indicated that the value of probability was smaller than the level of significance (0.0001.833). thus, there was an effect og group counseling with self-management technique on the academic procrastination behavior class VIII students of SMP Negeri 14 Tarakan. Keywords: Self-management Technique, Academic Procrastination