Strategi Pemasaran Produk-Produk Olahan Rumput Laut (Sudi Kasus: UMKM Ar-Raihan Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pemasaran Produk-Produk Olahan Rumput Laut (Sudi Kasus: UMKM Ar-Raihan Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur)

Strategi Pemasaran Produk-Produk Olahan Rumput Laut (Sudi Kasus: UMKM Ar-Raihan Di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur)

Pengarang : Ida Ayu Farlina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Produk-Produk Olahan Rumput Laut di Kelurhan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Desember 2022, jumlah responden sebanyak 6 orang. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT, dengan menganalisis faktor internal dan eksternal dari industri UMKM Ar-Raihan. Berdasarkan hasil analisis SWOT bahwa strategi industri UMKM Ar-Raihan berada pada kuadran 1 yaitu pada posisi strategi Kekuatan – Peluang (SO), hasil penelitian didapatkan pada industri UMKM Ar-Raihan yaitu (a) Memanfaatkan ketersediaan bahan baku untuk meningkatkan produksi guna menangkap peluang permintaan permintaan yang tinggi, (b) Memanfaatkan kemasan produk yang menarik serta harga produk yang terjangkau guna menangkap peluang melalui perkembangan media promosi yang cepat, (c) Terus menjaga kualitas produk guna menangkap adanya peluang dari pemerintah melalui bantuan-bantuan seta kegiatan-kegiatan yang diadakan pemerintah seperti pameran.
Kata Kunci: Analisis SWOT, UMKM Ar-Raihan, Strategi Pemasaran

This study aimed to determine the Marketing Strategy for Processed Seawecd Products in Pantai Amal Village, East Tarakan. This rescarch was conducted in September - December 2022, and the number of respondents was 6 people. The analytical tool was SWOT analysis, by analyzing the internal and external factors of the Ar-Raihan MSME industry. Based on the results of the SWOT analysis that the Ar-Raihan MSME industry strategy is in quadrant 1, in the Strength - Opportunity (SO) strategy position, the research results obtaincd in the Ar-Raihan MSME industry were; (a) Utilizing the availability of raw materials to increase production in order to capture demand opportunities high demand, (b) Employing attractive product packaging and affordable product prices to seize opportunities through the rapid development of promotional media, (c) maintaining product quality in order to seize opportunities from the government through assistance and activities held government like exhibitions. Keywords: SWOT analysis, Ar-Raihan SMES, marketing strategy

Detail Informasi