Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Dalam Keterampilan Membaca Novel Remaja Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Dalam Keterampilan Membaca Novel Remaja Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair And Share (TPS) Dalam Keterampilan Membaca Novel Remaja Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan

Pengarang : Meliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair And Share (TPS) dalam keterampilan membaca novel remaja pada siswa kelas VIII di sekolah SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Penelitian ini di laksanakan pada bulan April sampai Mei 2018 di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan sejumlah 37 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Sampling Purposive secara tidak acak (random) karena kelas VIII di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan hanya terdapat dua kelas yaitu VIII-A sebagai kelas eksperimen dan VIII-B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung 8,625 pada taraf signifikan a = 0,05 dan df = 35 diperoleh nilai ttabel 1,690 bearti thitung (8,625? 1,690) ? t tabel artinya Ho ditolah dan Ha diterima. Sehingga “Penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) efektif terhadap keterampilan membaca novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Nasional Indo Tionghoa Tarakan. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penerapannya model pembelajaran berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) sedangkan, kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Sehingga, kedua kelas memiliki perbandingan nilai yang didapat yaitu nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi