Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Kelas VII-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Kelas VII-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Bahasa Indonesia Kelas VII-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Pengarang : Risen - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu ada pada setiap jenjang pendidikan di sekolah, dari mulai pendidikan Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sampai dengan jenjang yang lebih tinggi Perkuliahan. Kemandirian adalah kemampuan seseorang saat sedang akan melaksanakan semua aktivitas pribadi. Self-Efficacy atau dalam terjemahan Bahasa Indonesianya yakni efikasi diri adalah keyakinan individu pada kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas atau tindakan yang mampu dilaksanakan guna memperoleh sebuah tujuan. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 5 Tanjung Selor bahwa permasalahan kemandirian belajar Bahasa Indonesia dan Self-Efficacy pada peserta didik masih ada. Penelitian deskriptif (descriptive research) adalah suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel bebas (independent) Self-Efficacy dan variabel terikat (dependent) Kemandirian Belajar Belajar. Taknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengunuakan perangkat aplikasi SPSS Version 26 yang menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemandirian belajar Bahasa Indonesia kelas VII-B SMP Negeri 5 Tanjung Selor. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t diperoleh bahwa hasil analisis pengujian thitung sebesar 1,259. Karena nilai thitung < ttabel yaitu 1,259 < 1,708 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis O (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.

Kata Kunci : Self-Efficacy, Kemandirian Belajar, SPSS Version 26

Indonesian Language subject is one of the disciplines that is constantly offered in schools, starting in elementary school and continuing through junior high, senior high school, and even a higher level of education. Independence is the capacity to conduct all private affairs. An individual's self-efficacy in its Indonesian translation, is his or her confidence in their ability to perform activities or take actions that can be taken to achieve a goal. The findings of the researchers' observations at SMP Negeri 5 Tanjung Selor demonstrated the persistence of the issue of student self- efficacy and independence in learning Indonesian language subject. A research strategy aiming at characterizing things was descriptive research. There were two variables in this study, the independent variable was Self-Efficacy and the dependent variable was independent learning. Interviews, questionnaires, and documentation were the methods employed for data gathering. The findings of this study, which employed the SPSS Version 26 application software, revealed that self- efficacy had no bearing on the independence of Indonesian language learning in class VII-B at SMP Negeri 5 Tanjung Selor. This was evident from the t test findings, which showed that the result of the analysis lurt was 1.259. The hypothesis O (Ho) was accepted and the alternative hypothesis (Ha) was rejected since the value of toount Keywords: Self-Efficacy, Independent Learning, SPSS Version 26

Detail Informasi