
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarakan Prosedur Newman Pada Kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Milasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan penyebab siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan prosedur Newman pada kelas VIII-2 SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang siswa yang memiliki nilai terendah ulangan harian materi bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, adapun instrumen pembantu yaitu pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami 5 kesalahan berdasarkan analisis Newman yaitu 1) kesalahan membaca penyebabnya karena siswa masih belum dapat membaca soal dengan benar, dan tidak dapat mengartikan setiap simbol, dan tidak mengerti mana saja simbol yang ada didalam soal, tidak dapat menentukan kata-kata atau istilah, 2) kesalahan memahami penyebabnya tidak teliti menentukan apa yang diketahui, tidak memahami masalah, tidak terbiasa menuliskan apa yang ditanyakan, 3) kesalahan transformasi penyebabnya kesalahan penulisan rumus yang akan digunakan karena kurang teliti, 4) kesalahan keterampilan proses penyebabnya tidak dapat menentukan langkah-langkah apa yang akan digunakan dengan tepat dan benar, 5) kesalahan penulisan jawaban akhir penyebabnya ketidak terbiasaan siswa menuliskan jawaban diakhir.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Pemecahan Masalah, Prosedur Newman
This study aimed to analyze the errors and causes of students in finishing niath problem-solving based on the Newman procedure in class VIII-2 of SMP Negeri 10 Tarakan This type of research used is qualitative. The research subjects consisted of 3 students who had the lowest scores on daily tests on the polyhedron material The instrument used in this study was the researcher himself, while the supporting instrument was an interview guide The data collection techniques were in the form of interviews and documentation Data analysis techniques used were data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions The validity of the researcher's data was using triangulation techniques. The results of this study indicated that students have five (5) errors based on Newman's analysis, namely 1) reading errors caused because students still could not read the questions correctly, interpret each symbol, determine which symbols were in the problem, and could not determine words or terms, 2) errors in understanding caused of the student did not carefully determine what was known did not understand the problem, did not usual to writing down what was being asked, 3) transformation errors, caused of the students did errors in writing the formula to be used due to lack of accuracy. 4) errors in processing skills caused of the students could not determine what steps will be used appropriately and correctly, 5) errors in writing the final answer caused of students' unfamiliarity with writing answers at the end or conclusions. Keywords: Error Analysis, Problem-Solving Questions, Newman's Procedure