Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 9 Tarakan

Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Di SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Lidiya Seftiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan purposive sampling yaitu, sebanyak dua subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa S01 memiliki rasa tangung jawab yang besar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika secara daring. Akan tetapi S01 masih bergantung kepada orang lain dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. S01 juga kurang disiplin dan kurang memiliki kepercayaan diri dalam mengikuti pembelajaran matematika, serta kurangnya dorongan untuk S01 berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri dan melakukan kontrol diri selama mengikuti kegiatan pembelajaran matematika yang diakukan secara daring. Sedangkan S02 tidakbergantung kepada orang lain. S02 juga memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran matematika secara daring. Kemudian S02 berperilaku disiplin dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika secara daring. Serta S02 dapat bertindak berdasarkan inisiatif sendiri dan dapat mengontrol diri selama mengikuti pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Matematika, Pembelajaran Daring

This research aims to describe student learning independence in online learning in mathematics subjects at SMP Negeri 9 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2021/2022 academic year. The type of research was descriptive qualitative. Research subjects were purposive sampling. The data collection technique used semi-structured interview guidelines. Data analysis techniques used data collection, condensation, presentation, and conclusion drawing. Data validity used triangulation. The results showed that S01 was responsible for participating in online mathematics learning activities. However, S01 still depended on others to do the tasks given. S01 also needs more discipline and self-confidence in participating in mathematics learning and a lack of encouragement for S01 to behave based on his initiative and exercise self-control while participating in online mathematics learning activities. Meanwhile, S02 was independent of others. S02 also had high self-confidence in participating in the online mathematics learning process. Then, S02 behaved in a disciplined manner and had a high sense of responsibility in participating in online mathematics learning, and S02 could act based on his initiative and control himself while participating in online mathematics learning. Keywords: Learning Independence, Maths, Online Learning

Detail Informasi