Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan.

Pengarang : Iga Arruan Tasik - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan dikarenakan minimnya penggunaan model pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan melalui penerapan model Teams Games Tournament. Langka model Teams Games Tournament meliputi penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan dan penghargaan kelompok. Jenis peneliti ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peneliti yaitu siswa kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan berjumlah 32 orang dan objek penelitian yaitu hasil belajar siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMPN 7 Tarakan setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament. Berdasarkan indikator keberhasilan yang dicapai, persentase nilai aspek kognitif siklus II mencapai 75% aspek afektif siklus II mencapai 93,75% dan aspek psikomotorik siklus II mencapai 93,75%. Data yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa presentase kognitif hasil belajar siswa pada lembar LKS siklus 1 sebesar 34,37% dan meningkat menjadi 75%.

Kata Kunci : Meningkatkan, Model Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

The issue in this research was the poor learning results of Grade VII-1 students ofSMPN 7 Tarakan due to the sparse deployment of engaging learning models.Thepurpose of this research was to improve the learning outcomes of Grade VII-1SMPN 7 Tarakan students through the implementation of the Teams GamesTournament model. The steps of the Teams Games Tournament model includedclass presentation, learning in groups, games,competitions and group awards.Thirty two grade VII-1 students of SMPN 7 Tarakan served as the research subjectswith the study's research object were the students' learning outcomes. Data werecollected using observation sheets, interview sheets and documentation. Data wereanalyzed using quantitative analysis. The results of this research showed that therewas an increase in the learning outcomes of Grade VII-1 SMPN 7 Tarakan studentsafter the implementation of the Teams Games Tournament learning model. Basedon the success indicators attained, the cognitive, affective, and psychomotor aspectsof cycle II all reached percentage values of 75%, 93.75%, and 93.75%, respectively.According to the data gathered, the cognitive presentation of the students' learningoutcomes on the cycle 1 worksheet was 34.37% and thereafter increased to 75%. Keywords:Improve,Model Teams Games Tournament(TGT),Learning Outcomes

Detail Informasi