
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Menggunakan Strategi Pembelajaran Listening Teams Pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 1 Nunukan
Pengarang : Marina Agustina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita menggunakan strategi pembelajaran listening teams pada siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Nunukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Nunukan pada semester I Tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Nunukan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa kelas laki-laki berjumlah 24 siswa dan perempuan berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, penelitian menyusun rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Lalu, pada tahap tindakan peneliti melakukan rangkain kegiatan yang telah direncankan sebelumnya. Setelah melakukan tindakan, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan tindakan tersebut. Selanjutnya, peneliti melakukan refleksi untuk mengevaluasi dampak yang telah diamati untuk dapat diperbaiki pada siklus selanjutnya, pada penelitian ini, penelitian memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran listening teams dapat meningkatkan pembelajaran menyimak berita siswa kelas VIII-G SMP Negeri 1 Nunukan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil penilaian pada aspek kognitif dengan nilai 40,62%, hasil penilaian pada aspek afektif dengan nilai 6,25%, dan hasil penilaian pada aspek psikomotorik dengan nilai 18,75% pada siklus II hasil penilaian pada aspek kognitif dengan nilai 93,75%, hasil penilaian pada aspek afektif dengan nilai 96,87%, dan hasil penilaian pada aspek psikomotorik dengan nilai 93,75%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi pembelajaran Listening Teams dengan bantuan berupa video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan menyimak berita siswa menjadi lebih aktif dan melatih siswa untuk berkomunikasi.
Tidak Tersedia Deskripsi