Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN Tarakan

Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MAN Tarakan

Pengarang : Zhalika Aurelia Adhe Khantari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap motivasi belajar siswa di MAN Tarakan. Diskusi kelompok merupakan suatu pertemuan dua orang atau lebih yang bertujuan untuk menghasilkan keputusan bersama melalui proses saling tukar pengalaman dan pendapat (dalam Urip Muliyani, dkk 2016). Motivasi belajar adalah proses yang memberi semangat belajar, arah, dan kegigihan perilaku, artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh anergi, terarah dan bertahan lama (dalam Saman Abdul 2018). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-eksprimental design dengan bentuk one group pretest-posttes design yang akan mengkaji tentang pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap motivasi belajar siswa di MAN Tarakan. Populasi penelitian ini keseluruhan siswa kelas XI MAN Tarakan yang berjumlah 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data yang akan digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan teknik diskusi kelompok terhadap motivasi belajar siswa. Adapun presentase kategori tinggi sebesar 23%, kategori sedang 63% dan kategori rendah 13%. Dalam uji paired samples test didapati nilai signifikansi 0.00, hasil tersebut menunjukkan bahwa 0.00 < 0.05 maka hipotesis diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap motivasi belajar siswa di MAN Tarakan.

Kata Kunci: Diskusi Kelompok, Motivasi Belajar

The purpose of this research was to determine how group discussion approaches at MAN Tarakan affect students’ motivation to learn. This sort of quantitative research assessed the impact of group discussion tactics on student learning motivation at MAN Tarakan. Applying a pre-experimental design with a single group pretest-posttes design. The population of this study were all students of class XI MAN Tarakan which consist of 6 classes. There were 30 students as the sample for this study using a straightforward random sampling procedure. A Likert scale was employed to collect the data. Startegies for data analysis applying the paired samples t-test. The findings indicated that group discussion tactics had a substantial impact on students’ motivation on study. The percentage of high category is 23%, medium category 63% and low category 13%. In the paired samples t-test test, the significance value is 0,00, these results show that 0,00 < 0,05, so the hypothesis is accepted, so it can be said that there is an effect of group discussion techniques on student learning motivation at MAN Tarakan. Keywords: Group Discussion, Learning Motivation

Detail Informasi