
Survey Kesulitan Belajar Siswa Di SMP Negeri 12 Tarakan
Pengarang : Puput Nurdayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Survey Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 12 Tarakan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar di SMP Negeri 12 Tarakan. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi di mana kompetensi atau prestasi yang dicapai tidak sesuai dengan kritetria standar yang telah ditetapkan, baik berbentuk sikap, pengetahun maupun keterampilan. Proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu untuk menggapai hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan Teknik wawancara dengan metode survey serta pengumpulan data melalui skala. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 188 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan “Survey Kesulitan Belajar Pada Siswa di SMP Negeri 12 Tarakan” bahwa secara keseluruhan terlihat dari hasil analisis yang termasuk dalam kategori rendah sebanyak 73 responden dengan presentase sebesar 57%. Dapat disimpulkan bahwa hasil pesentase terlihat pada kategori rendah yang berarti siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajarnya. Terlihat dari beberapa indikator yang mengalami tingkat rendahnya dalam kesulitan belajar yaitu dari indikator fisik, emosional, intelektual dan interpersonal. Kata kunci: Kesulitan Belajar.
ARTICLE SURVEY OF STUDENT LEARNING DIFFICULTIES AT STATE 12 TARAKAN SMP ABSTRACT This study aimed to describe the diffiuclty of learning at SMP Negeri 12 Tarakan. Learning diffculty is a condition in which the comptence or achievement is not in accordance with predetermined standard criteria, either in the form of attitudes, knowledge or skills. The learning process is characterised by certain obstacles to achieving learning outcomes. This research was a type of quantitative research using interview techniques with survey methods and data collection through a scale. The sampling technique was carried out using a random sampling technique with a total sample of 188 samples. The analysis resulted that 73 respondents were include in the low category with a percentage of 57%. It can be concluded that students did not experience difficulties in learning. Several indicators experienced low levels of learning difficulties such as physical, emotional, intellectual and intepersonal indicators. Key words: learning Difficulties