Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Strategi 3M (Meniru, Mengolah, Mengembangkan) Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Jurinawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan strategi 3M (meniru, mengolah, mengembangkan) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Maret sampai 07 April 2018 di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Kelas (PK) yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes belajar siswa berupa menulis teks berita. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 5 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa, yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Berdasarkan rumusan masalah, hasil serta pembahasan yang dilakukan peneliti bahwa siswa SMP Negeri 5 Tarakan tahun pembelajaran 2017/2018 berdasarkan aspek yang diamati dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan termasuk dalam kategori baik (B). Hal ini dapat dilihat dari pencapaian tiap aspek yang dianalisis. Aspek yang pertama adalah Pemilihan Judul dengan nilai 86, aspek kedua yaitu Pemilihan Kata dengan nilai 75, aspek ketiga yaitu Penggunaan Kalimat dengan nilai 68, aspek keempat yaitu Struktur Penulisan dengan nilai 74, dan aspek kelima adalah Kelengkapan Unsur Berita dengan nilai 90. Siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 85-100 ada 8 siswa dengan presentase 32% dalam kategori sangat baik. Siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 70-84 ada 16 orang dengan presentase 64% dalam kategori baik. Siswa yang mendapatkan nilai dengan rentang 40-69 ada 1 orang siswa dengan presentase 4% berada dalam kategori cukup. Selanjutnya berdasarkan nilai hasil ketuntasan kemampuan siswa dalam menulis teks berita berdasarkan nilai KKM yaitu 75 pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan dinyatakan tuntas sebanyak 21 siswa karena telah mencapai ?75 dengan presentase 84%, serta dinyatakan tidak tuntas 4 siswa dengan presentase 16%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan telah mampu menulis teks berita dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai pada kriteria baik (B) dengan bobot rentang nilai 70-84. Namun ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan pada siswa SMP Negeri 5 Tarakan yaitu aspek ketiga pada Penggunaan Kalimat dan aspek keempat pada Struktur Kalimat karena aspek tersebut merupakan aspek yang mempengaruhi tidak maksimalnya hasil pembelajaran.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi