
Kebutuhan Belajar Matematika Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert Di SMK Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Rica - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Permasalahan penelitian ini terkait dengan bagaimana kebutuhan belajar metematika peserta introvert dan ekstrovert di SMK Negeri 3 Tarakan. Menganalisis kebutuhan peserta didik peserta didik yang introvert dan ekstrovert di SMK Negeri 3 Tarakan ditinjau dari pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Febuari sampai dengan 15 Maret 2023 semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di SMK Negeri 3 Tarakan yang berlokasi Jl. Karya Bersama Jl. Bukit Mandiri, Juata Laut, Kec Tarakan Utara, Kota Tarakan, kalimantan Utara. Subjek penelitian adalah 4 mengguakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan analisis dokumen, kemudian teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan menarik, maka keabsahan data penelitian menggunakan teknik triagulasi waktu dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan belajar matematika peserta didik introvert dan ekstrovert SMK Negeri 3 Tarakan yaitu peserta didik membutuhkan strategi pembelajaran berdiferensiasi seperti, konten, proses, produk, lingkungan belajar. Introvert dan ekstrovert yang menyenangkan adalah menginginkan pembelajaran berbasis game dan impian belajar matematika yang mengasikan peserta didik introvert yaitu berbasis game di dalam ruangan dan belajar berkelompok dengan teman dekat. Sedangkan peserta didik ekstrovert berbasis game dan diluar ruangan dengan game yang menyangkut matematika.
Kata Kunci: Kebutuhan Belajar Matematika, Kepribadian Introvert dan Ekstrovert
The problem of this study was related to how the mathematis learning needs of introverted dan ekstroverted participants at SMK Negeri 3 Tarakan. Analyzing the needs of introverted dan ekstroverted learners at SMK Negeri 3 Tarakan in terms of differentiated learning. This study was carried out at SMK Negeri 3 tarakan. Which is located on Jl. Karya bersama Jl. Beukit Mandiri, Juata Laut, Kec Tarakan Utara, tarakan City, North Kalimantan, from February 21 to March 15, 2023, evem semester of the 2022/2023 academic year. Purposive sampling was used to select four research subjects. Data gathering procedures include interviews and document analysis, followe by dara analysis, followed by data analysis techniques such as data reduction, data presentation, and interesting conclusions, and finnaly, the validity of research data was determined using time and source triangulation techniques. The findings revealed that introverted dan ekstroverted students at SMK Negeri 3 Tarakan require differentiated learning stategis suchas content, process, product, and learning environment. Fun introverted dan ekstroverted prefer game-based learning, and the fantasy of learning math that interestd introverted learners ig game-based indoorrs and studying in groups with close friends. Ekstroverted learnes are ga,e based and play math-related games outside of the classroom. Keywords: Math Learning Needs, introverted dan ekstroverted Personalities