Korelasi Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Korelasi Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Korelasi Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan

Pengarang : Recxy Perdana Syah Putra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei, dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI biologi di SMA Muhammdiyah Boarding School. Sedangkan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA putra yang berjumlah sebanyak 19 siswa dan siswa kelas XI MIPA putri yang berjumlah sebanyak 33 siswi yang dipilih berdasarkan jurusan yaitu MIPA. Keseluruhan data diperoleh berdasarkan jawaban dari angket minat yang disebarkan langsung di sekolah dan dari hasil nilai ulangan harian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran biologi di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa (X) terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan uji regresi dengan nilai signifikan sebesar 0,170 > 0,005 pada KD I dan 0,239 > 0,005 pada KD II.

Kata Kunci: Korelasi, Minat, Hasil Belajar

The purpose of this study was to see if there was a correlation between the student’s interest in learning and their cognitive performance in biology classes at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. This study was a survey using a correlational descriptive method. The population consisted of all eleventh-grade biology students at SMA Muhammdiyah Boarding School. The research sample consisted of 33 students, 19 male, and 33 female, who were represented by a MIPA department. The overall data was gathered from the responses to an interest questionnaire issued directly at school, as well as the results of daily exam scores administered by biology teachers at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. According to the findings of this study, there was no significant correlation between student interest in learning (X) and learning outcomes (Y). This can be seen by the regression test findings, which show a significant value of 0.170>0.005 on KD I and 0.239>0.005 on KD II. Keywords: Correlation, Interest, Learning Outcomes.

Detail Informasi