
Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ikan Bandeng Presto Di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat (Studi Kasus: UMKM Dream’s)
Pengarang : Masjidah Tika Audina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Usaha Bandeng Presto “UMKM Dream’s’’ merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang pengolahan hasil tambak berupa ikan bandeng, udang dan kepiting yang bekerjasama dengan beberapa koperasi dan toko oleh-oleh sebagai distributor dari produk yang dihasilkan, dalam menjalankan usahanya tidak terlepas dari adanya tantangan dan hambatan dalam melakukan usaha. Tujuan dari Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui sistem produksi Bandeng Presto di UMKM DREAM’S Bandeng Presto dilihat dari input, proses dan output di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat. (2) Untuk merumuskan Strategi Pengembangan Usaha Bandeng Presto di UMKM DREAM’S Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat. Metode penentuan populasi menggunakan purposive (sengaja), key informan yang diambil adalah Pihak Internal: 1 orang sebagai pemilik usaha, serta Pihak Eksternal yaitu: 1 orang Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Tarakan dan 3 konsumen UMKM DREAM’S. Analisis data yang digunakan adalah Matriks SWOT, Matriks IFAS dan EFAS, Matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian ini menujukan bahwa: (1) Sistem Produksi UMKM bandeng presto Dream’s memerlukan bahan baku yang berkualitas, Modal yang dipakai sekitar Rp 2.348,021, Tenaga kerja yang dilakukan oleh UMKM Bandeng Presto Dream’s hanya sekitar 3 orang, Output Produk yang dihasilkan : Ikan Bandeng Presto. (2) strategi yang digunakan oleh UMKM Dream’s adalah Strategi SO1 dimana strategi tersebut mendapatkan nilai TAS sebesar 6,531 yaitu meningkat kualitas produksi dan promosi dengan memanfaatkan teknologi dalam penjualan produk, strategi SO3 yang mendapat nilai TAS tinggi 6,459 juga mempunyai hubungan baik dengan konsumen/ pelanggan.
Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Matriks SWOT, UMKM Dream’s
The Milkfish Presto business "UMKM Dream's" is one of the MSMEs engaged in the processing of fishpond products in the form of milkfish, shrimp and crabs in collaboration with several cooperatives and souvenir shops as distributors of the products produced, in running its business it is inseparable from challenges and barriers to doing business. The purpose of this study was to: (1) Determine the input, process, and output of UMKM Dream's Milkfish Presto production system in Karang Anyar Urban Village, Tarakan Barat District. (2) To develop a business development strategy for Milkfish Presto at UMKM Dream's in Karang Anyar, Tarakan Barat District. The method of determining the population using purposive, the key informants used in the population determination approach were internal parties, including one business owner, as well as external parties, including three UMKM Dream's customers and one representative from the Tarakan City Industry and Labor Office. The SWOT Matrix, IFAS and EFAS Matrix, and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) were employed for the data analysis. The results of this study indicated that: (1) The UMKM Dream's milkfish presto production method called for high-quality raw materials; the estimated cost of capital was Rp. 2,348,021. The Presto UMKM Dream's milkfish employed only about 3 people, and the finished product was Presto milkfish. (2) The SO1 strategy, which received a TAS score of 6.531, was the one employed by UMKM Dream's. This strategy focused on enhancing production quality and product promotion by utilizing technology in product sales. The SO3 strategy, which received a high TAS score of 6.459, also had positive consumer/customer relations. Keywords: Business Development, SWOT Matrix, UMKM Dream's