
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Aplikasi Food Delivery (GRAB-FOOD) Di Kota Tarakan
Pengarang : St. Rafidah Abd. Rahman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Perilaku konsumen adalah perilaku yang terlibat langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses pengambilan keputusan sebelum dan sesudah perilaku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perilaku konsumen dalam menggunakan aplikasi food delivery (grab food) (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan (3) mengetahu faktor manakah yang dominan berpengaruh dalam menggunakan aplikasi food delivery (grab food) di Kota Tarakan. Penelitian dilaksanakan di Kota Tarakan sejak desember 2022 sampai januari 2023. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik non-probability sampling. Penentuan respondenpada penelitian ini menggunakan teknik quota sampling, jumlah responden sebanyak 100 responden yang setiap kecamatannya diambil 25 responden. Hasil penelitian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, validitas, realibitas, asumsi klasik, uji F, uji t dan regresi linear berganda. Perilaku konsumen dalam menggunakan aplikasi food delivery (grab food) di Kota Tarakan dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologi dikuatkan oleh indikator kemudahan konsumen, pilihan menu yang tersedia, efesiensi waktu, promosi dan diskon yang diberikan, pemilihan metode pembanyaran sesuai dengan kebutuhan konsumen, pengalaman pengguna untuk mempermudah konsumen yang lain dapat mengetahui tentang restoran mengetahui rating dari konsumen sebelumnya. Menghasilkan R2 86,8% , dengan persamaan regresi linier berganda Y 0,237 + 0,302 X1 + 0,539 X2 + 0,078X3. Uji F menunjukkan faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis berpengaruh signifikan secara simultan, Berdasarkan uji t , faktor yang dominan merpengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan aplikasi food delivery (grab-food) adalah faktor sosial signifikan sebesar 0,000, faktor budaya signifikan sebesar 0,002.
Kata Kunci: Food Delivery, Grab-Food, Perilaku Konsumen
Consumer behavior is behavior that is directly involved in obtaining, consuming, and spending products and services, including the decision-making process before and after this behavior. This study aims to (1) determine consumer behavior in using the food delivery application (grab food) (2) determine the factors that influence consumer behavior and (3) determine which factors are dominant in using the food delivery application (grab food) in Tarakan City. The research was conducted in Tarakan City from December 2022 to January 2023. The sampling technique in this study was a non-probability sampling technique. Determination of respondents in this study used quota sampling technique, the number of respondents was 100 respondents, of which 25 respondents were taken in each subdistrict. The results of the study were analyzed by using qualitative descriptive analysis, validity. reliability, classical assumptions, F test, t test and multiple linear regression. Consumer behavior in using food delivery applications (grab food) in Tarakan City was influenced by cultural factors, social factors and psychological factors strengthened by indicators of consumer convenience, available menu choices, time efficiency, promotions and discounts provided, selection of payment methods in accordance with consumer needs, user experience to make other consumers easier in finding out about restaurants and the ratings. It was shown that R2 was 86.8%, with a multiple linear regression equation Y 0.237+0.302X) + 0.539 X2 +0.078X1 The F test result showed that cultural factors, social factors and psychological factors had a significant effect simultaneously. Based on the t test, the dominant factors influencing consumer behavior in using the food delivery application (grab- food) were the social factor with the significant value of 0.000, and the cultural factor with the significant value of 0.002. Keywords: Consumer Behavior, Food Delivery, Grab-Food