
Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning Dengan Media Gambar Situasi Khayal Pada Siswa Kelas Vlll A MTs Al-Fatah Tarakan
Pengarang : Hasnidar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan menggunakan model pembelajaran circuit learning dan media gambar situasi khayal pada siswa kelas Vlll-A MTs Al-Fatah Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini, peneliti memperoleh sejumlah data, yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil belajar siswa pada aspek afektif dan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama melalui model pembelajaran circuit learning dengan media gambar situasi khayal dapat meningkatkan pembelajaran menulis khususnya menulis naskah drama pada siswa kelas VIII MTs Al-Fatah Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada aspek afektif siklus I dengan 4 penilaian yaitu disiplin, jujur, tanggung jawab, dan sopan santun ketuntasan hasil aspek afektif sebesar 85,71%. Pada siklus II meningkat menjadi 92,82%. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan 4 penilaian yaitu antusias siswa, keakifan siswa, konsentrasi siswa, dan situasi pembelajaran ketuntasan aktivitas siswa sebesar 72,66% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 71,42% dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran drama menggunakan model pembelajaran circuit learning dengan media gambar situasi khayal siswa telah menguasai pembelajaran menulis naskah drama dengan baik selain itu siswa menjadi lebih kreatif merangkai kata-kata dalam dialog naskah drama dengan bahasanya sendiri.
Tidak Tersedia Deskripsi