
Keefektifan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Meringkas Dan Menyimpulkan Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Hanifah Nurcahyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran meringkas dan menyimpulkan berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018 di SMP Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan desain Pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan yang berjumlah 270 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling (sampel acak sederhana) yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 60 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik independent sample t-test dengan bantuan software SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test diperoleh t 6,185 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan df = 58 diperoleh nilai ttabel hitung 1,671 berarti t hitung ? t tabel (6,185 ? 1,671) artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif digunakan dalam pembelajaran meringkas dan menyimpulkan berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) membuat siswa menjadi lebih aktif dan mudah dalam memahami materi pembelajaran. Berbeda dengan siswa yang menggunakan metode konvensional yang dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif dan sulit memahami materi pembelajaran, karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru.
Tidak Tersedia Deskripsi