Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tarakan

Pengarang : Fitria Febri Swastia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siwa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama 8 hari, mulai tanggal 11 – 19 Mei 2018 di SMA Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 429 siswa. Sampel diambil berdasarkan teknik Simple Random Sampling, cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Anggota populasi pada tiap kelas berjumlah 35 – 36 siswa, sehingga dianggap homogen, maka sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X MIPA 4, X IPS 2, dan X BHS SMA Negeri 1 Tarakan yang berjumlah 108 siwa, diantaranya 8 siswa berhalangan hadir. Menganalisis data deskriptif, korelasi dan regresi menggunakan bantuan software SPSS versi 24.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil analisis data korelasi Product Moment diperoleh rhitung (-0,090) pada taraf signifikan ? = 5% dan N = 100 diperoleh nilai rtabel = 0,195 berarti r hitung ? r tabel (-0,090 ? 0,195) artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga “tidak ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarakan”. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia sebesar 0,8%, sedangkan sisanya (100% - 0,8%) = 99,2% dipengaruhi faktor lain.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi